5 Tips Meningkatkan Keamanan Smartphone Android Anda, Yuk Ketahui Caranya

10

5 Tips Meningkatkan Keamanan Smartphone Android Anda.

5 Tips Meningkatkan Keamanan Smartphone Android Anda. Smartphone saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok bagi pengguna. Mulai dari kebutuhan media sosial, hiburan, pekerjaan, hingga perbankan kini terpenuhi melalui smartphone.

Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat smartphone selalu aman dari serangan aktor jahat, terutama untuk Android yang mendominasi smartphone di dunia.

5 Tips Meningkatkan Keamanan Smartphone Android Anda

Mengingat upaya peretas dan penjahat dunia maya lainnya yang terus-menerus mencari cara untuk melewati tembok keamanan dalam sistem, berikut adalah beberapa kiat untuk membantu pengguna menjaga keamanan Android mereka.

1. Gunakan Kata Sandi yang Kuat

Android menawarkan sejumlah kunci layar untuk keamanan perangkat. Lebih dari sekadar fitur, metode penguncian layar menjadi sesuatu yang sangat diperlukan.

BACA JUGA:

  • Xnxubd Bokeh Film Full Bokeh Lights Bokeh Video Google Earth…
  • Efek Bokeh xxii xxiii xxiv 2021 No Sensor 18++ Bokeh Museum…
  • New Link Si Jahat lite Dan Si Jahat Yandex Video Bokeh
  • Link Download 111.90 l50 182 1111.90 l50 204 Bokeh Video…
  • Asuransi Kesehatan Terbaik dan Terpercaya di Indonesia
  • 10 Asuransi Kesehatan Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Karena metode kunci layar mendukung pengguna untuk menjaga perangkat lebih aman dari orang asing yang mencoba membuka kunci ponsel pengguna tanpa izin.

 

Untuk keamanan gunakan password yang kuat, caranya Setting > Security > Lockscreen. Pengguna dapat memilih kunci pengaman mulai dari sample atau pola, PIN, dan Password.

Kata sandi masih dianggap paling aman karena pengguna dapat menggabungkan huruf, angka, dan simbol. Pengguna juga dapat menggunakan sidik jari pada smartphone untuk membuat proses membuka kunci perangkat lebih nyaman.

2. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Jika pengguna menyimpan banyak aplikasi yang tidak lagi digunakan, ada baiknya Anda memutuskan untuk menghapusnya. Pasalnya, beberapa aplikasi authorized bisa menjadi risiko keamanan karena kerentanan yang bisa digunakan peretas.

 

Terlepas dari risiko keamanan, beberapa aplikasi mengumpulkan information tentang penggunaan pengguna.

Oleh karena itu, jika Anda ingin lebih sedikit dilacak, ada baiknya untuk menghapus beberapa aplikasi yang tidak lagi digunakan pengguna.

Beberapa smartphone Android mendukung pengguna untuk melakukan dari homescreen.

3. Hapus Login Sekali Klik dari Aplikasi Media Sosial

Menariknya, beberapa aplikasi media sosial menawarkan cara login yang mudah, misalnya melalui fitur one-click login. Namun fitur ini tidak aman.

Karena jika seseorang mendapatkan akses ke smartphone Anda, mereka dapat dengan mudah mengakses aplikasi media sosial, informasi pribadi, bahkan seluruh kehidupan pemilik ponsel.

Oleh karena itu, lebih baik menonaktifkan fitur login sekali klik. Pengguna lebih baik memilih untuk memasukkan kata sandi setiap kali ingin login. Dalam masalah keamanan, mencari berarti lebih aman.

 

4. Hati-hati mengklik sesuatu

Saat ini, praktik phishing banyak digunakan oleh dunia maya untuk mendapatkan keuntungan. Tautan palsu yang dapat digunakan untuk mengirim pengguna ke situs net berbahaya yang dapat menginfeksi perangkat dengan perangkat lunak perusak atau mencuri kata sandi.

Untuk itu, pengguna smartphone harus berhati-hati saat mengklik sesuatu. Sebelum mengklik, pastikan sumbernya adalah sumber atau tautan resmi.

5. Cadangan

Selalu lakukan backup atau backup pada information Anda. Jadi, ketika perangkat Android Anda hilang atau dicuri, Anda akan memiliki file penting untuk dipelajari.

Pengguna dapat mencoba layanan penyimpanan cloud seperti mode belanja Google Drive, OneDrive, dan lainnya. Pengguna dapat membuat kebiasaan menyimpan file di cloud dan menghapusnya dari penyimpanan di perangkat.

Comments are closed.